Permudah Layanan Tes Kualitas Air, Bupati Kediri Sediakan Si Moli Cekat Bagi Pembudi Daya Ikan

Permudah Layanan Tes Kualitas Air, Bupati Kediri Sediakan Si Moli Cekat Bagi Pembudi Daya Ikan Petugas saat mengetes kualitas air di salah satu kolam ikan. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati , Hanindhito Himawan Pramana, menyediakan layanan atau aksi keliling cek kualitas air tawar. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan pelayanan bagi pem di Kabupaten .

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten , Nur Hafid, menyebut ini merupakan layanan pengecekan kualitas air bagi pem di Bumi Panjalu dengan mengirimkan permintaan melalui media sosial (Instagram) dinas perikanan. Selanjutnya, petugas akan datang ke lokasi.

“Sesuai instruksi Mas Dhito (sapaan akrab Bupati ) si moli ini merupakan bentuk permudahan pelayanan terhadap masyarakat. Si moli ini juga merupakan aksi pencegahan terhadap penyakit yang menyerang air,” ujarnya, Sabtu (14/1/2023)

Ia menjelaskan, hasil pengecekan kualitas air tawar ini bisa langsung diketahui setelah petugas melakukan identifikasi. Apabila hasilnya dirasa kurang memenuhi standar, petugas langsung akan memberikan solusi bagi pembudi daya.

“Misalkan kadar oksigen kurang, maka ada beberapa step yang harus dilakukan pembudi daya. Begitu pun jika hasil pH air tidak sesuai harapan, petugas juga akan memberi solusi,” tuturnya.

Menurut dia, layanan si moli ini telah dimulai sejak Desember 2022 lalu. Selama beroperasi, sebanyak 150 tes kualitas air pada pembudi daya telah dilakukan.

Dalam pelaksanaannya, petugas pengecekan kualitas air ini dibagi menjadi dua tim yang menyebar ke seluruh wilayah Kabupaten . Dengan adanya layanan si moli ini, Dinas Perikanan Kabupaten berharap pembudi daya dapat mengoptimalkan hasil panennya sehingga dapat meningkatkan nilai jual dan produksi ikan di Kabupaten .

“Kita coba terus kenalkan si moli ini pada masyarakat. Harapannya tentu pembudi daya lebih dulu mengenal kondisi air agar dapat memproduksi ikan secara maksimal,” pungkasnya. (tia/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO